Breaking News

Saturday 17 December 2016

RPP Simulasi Digital untuk SMK



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


                     Satuan Pendidikan      :  SMK SANJAYA BAJAWA
                     Kelas/Semester          : X ELIND / Gazal
                     Mata Pelajaran           :  Simulasi Digital (SimDig)
                     Topik                        :  Komunikasi dalam Jaringan (daring-online)
                     Waktu                       :  3 x 45  menit (1 kali pertemuan)

A.  Kompetensi Inti SMK Kelas X

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati  dan  mengamalkan  perilaku  jujur,  disiplin,  tanggung  jawab,  peduli  (gotong royong,  kerjasama,  toleran,  damai),  santun,  responsif  dan  pro-aktif  dan  menunjukkan sikap  sebagai  bagian  dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  dalam  berinteraksi  secara efektif  dengan  lingkungan  sosial  dan  alam  serta  dalam  menempatkan  diri  sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami,  menerapkan  dan  menganalisis  pengetahuan  faktual,  konseptual  dan prosedural  berdasarkan  rasa  ingin  tahunya  tentang  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  seni, budaya  dan  humaniora  dalam  wawasan  kemanusiaan,  kebangsaan,  kenegaraan,  dan peradaban  terkait  penyebab  fenomena  dan  kejadian  dalam  bidang  kerja  yang  spesifik untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah,  menalar  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret  dan  ranah  abstrak  terkait  dengan pengembangan  dari  yang  dipelajarinya  di  sekolah  secara  mandiri,  dan  mampu  melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.

B.  Kompetensi Dasar

1.1. Memahami  nilai-nilai  keimanan  dengan  menyadari  hubungan  keteraturan  dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2. Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
2.1. Menunjukkan  perilaku  ilmiah  (memiliki  rasa  ingin  tahu;  objektif;  jujur;  teliti;  cermat; tekun;  hati-hati;  bertanggung  jawab;  terbuka;  kritis;  kreatif;  inovatif  dan  peduli lingkungan)  dalam  aktivitas  sehari-hari  sebagai  wujud  implementasi  sikap  dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2. Menghargai  kerja  individu  dan  kelompok  dalam  aktivitas  sehari-hari  sebagai  wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.1. Memahami komunikasi dalam jaringan (daring-online).
4.1. Menyajikan hasil pemahaman tentang komunikasi dalam jaringan (daring-online).

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Mengaplikasikan sikap kritis dan rasa ingin tahu dalam berdiskusi
  • Menunjukkan perilaku disiplin dalam bertanya dan berdiskusi.
  • Mampu memahami pengertian, tujuan dan fungsi komunikasi dalam jaringan.
  • Mengetahui jenis dan komponen pendukung komunikasi dalam jaringan.


D.  Tujuan Pembelajaran

Dengan kegiatan diskusi dalam pembelajaran Komunikasi dalam Jaringan (daring-online)  ini diharapkan  siswa  terlibat  aktif  dalam  kegiatan  pembelajaran  dan  disiplin  dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
  1.    Mengklasifikasikan pelbagai komunikasi dalam jaringan.
  2.       Mendeskripsikan kembali pengertian komunikasi dalam jaringan.
  3.       Mengidentifikasi jenis komunikasi dalam jaringan.
  4.       Menjelaskan tujuan dan fungsi komunikasi dalam jaringan.
  5.      Mengidentifikasi komponen pendukung komunikasi dalam jaringan.


E.  Materi Pembelajaran

  1.       Pengertian komunikasi dalam jaringan.
  2.       Jenis komunikasi dalam jaringan.
  3.       Tujuan komunikasi dalam jaringan.
  4.       Fungsi komunikasi dalam jaringan.
  5.       Komponen pendukung komunikasi dalam jaringan.


F.  Pendekatan / Model / Metode Pembelajaran

·         Pendekatan pembelajaran        : Scientific
·         Model pembelajaran               : Cooperative Learning Type
·         Metode pembelajaran              : Ceramah, presentasi, diskusi


No comments:

Post a Comment

tulis disini!

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog